Pengalaman Kerja Jadi Sales Motor

Pengalaman Kerja Jadi Sales Motor Honda

PENGALAMAN KERJA JADI SALES MOTOR.

Seperti judul artikel di atas saya akan membahas tentang pengalaman saya menjadi seorang Sales motor terutama motor. Sebenarnya saya sendiri masih sangat baru masuk dalam perkerjaan sales ini dan tidak cukup banyak cerita yang banyak saya ceritakan namun berikut ini adalah beberapa pengalaman saya dalam berkerja menjadi sales.

Sebelum saya membagi pengalaman saya tentang gaji sales dan pengalaman saya yang lainnya akan saya beritahu bahwa saya berkerja sebagai sales motor satu cabang daeler resmi motor Honda yaitu NSS (Nusantara Surya Sakti) yang berada di Sintang, Kalbar.

Sebenarnya dunia marketing atau menjadi salesman adalah perkerjaan pertama yang saya jalani. yang pastinya setelah beberapa bulan jadi pengangguran hehehe. sebelumnya saya sangat berharap untuk menghasilkan uang dari internet dan saya tertipu singkat kata akhirnya saya mulai ngeblog tapi sebelum saya menjadi sukses dengan blog gado" ini saya juga harus ada usaha lain jadi inilah usaha saya yaitu jadi "SALESMAN".

Baiklah langsung saja saya ceritakan pengalaman baru saya menjadi salesman motor.

Gaji Dan Komisi

Pada dasarnya yang namanya sales gajinya biasa saja dan menurut saya gaji jadi sales di tempat saya kerja sangatlah rendah. gaji per bulan hanyalah 500 ribu saja tapi yang menjadi peluang di perkerjaan ini bukanlah masalah gaji tapi melainkan komisinya.

komisi salesman sangatlah berbeda dan tergantung di perusahaan dan bagian apa dia berkerja, jika di tempat saya berkerja komisinya cukup lumayan untuk saya sekitar 600 ribu per motor. namun uang 600 ribu itu tidaklah langsung keluar dengan sendirinya jika kita mendapatkan satu konsumen, melainkan ada aturan mainnya.

aturan mainnya juga cukup merepotkan yaitu kita harus menembus atau mendapatkan target minimal 3 (untuk sales magang) dalam sebulan. jika sales berhasil tembus target maka kalikan saja 3x600 lumayan. namun kalau kurang dari itu akan di potong ataupun hangus. terlebih lagi jika dalam beberapa waktu yang di tentukan belum dapat konsumen bisa bisa di Out dari perusahaan.

jadi intinya jika ingin dapat penghasilan yang lumayan harus berusaha keras untuk jauh melewati targetnya. dan jangan memikirkan gaji tapi pikirkanlah komisinya. hehe


Cara Dapat Konsumen

Sebenarnya saya juga belum terlalu memahami cara mendapatkan konsumen yang baik dan benar. tapi menurut para senior, seorang salesman harus memiliki jaringan atau pergaulan yang luas dan harus menghilangkan rasa malu. saya setuju dengan perkataan senior tersebut karena dengan jaringan yang kuat dan luas maka akan lebih mudah mencari atau mendapat informasi tentang calon konsumen. 

cara kedua adalah dengan langsung turun ke lapangan atau yang sering di sebut kanvas dalam bahasa mereka, caranya ya seperti begi dan sebarkan brosur di jalanan dan di tempat keramaian seperti pasar, terminal dan lainnya.

dan cara lainnya lagi adalah dengan menggunakan jasa makelar atau bahasa krenya broker hehe. kalau pakai makelar pastinya harus menyiapkan modal yang lumayan soalnya jasa makelar di daerah saya sekitar 200 ribuan. tapi jangan risaukan harga makelarnya tapi lihat dulu persaingannya.


Persaingan Jadi Salesman.

Percaya tidak percaya yang namanya menjadi salesman itu mendapat banyak saingan entah per individu maupun dari promo" daeler lainnya. nah karena inilah salesman di tuntut untuk memiliki jaringan yang luas supaya dapat bersaing. terkadang malangnya sales baru seperti saya banyak yang beranggapan bahwa menjadi salesman itu sulit (memang) tetapi dengan berjalan waktu dan usaha maksimal pastinya akan ada hasilnya. maka dari itu menurut saya sangat wajib bagi seorang salesman untuk memiliki jaringan yang kuat. 

tetapi menurut saya tidak masalah jika seorang sales yang baru memulai belum memiliki jaringan asalkan dia berusaha cukup keras untuk membangun jaringan yang akan berguna untuk membantu karirnya selaman menjadi salesman.
Tag : coretan
4 Komentar untuk "Pengalaman Kerja Jadi Sales Motor"

wah mantep ya, komisinya melebihi gaji umum

Wah kalau ane enggak jago ngomong gimana dong gan :D

hahaha iya sih gan lebih lagi kalau sales mobil atau asuransi gan

Hihi.. saya pernah ngalamin kok jadi sales, komisinya itu loh gan yang gak nahan. Apalagi kalo jadi sales properti.. mantep deh kalo sekali closing.

Back To Top