Sejarah Corel Draw dan Perkembangannya

http://siinforman.blogspot.com/

Sejarah Corel Draw dan Perkembangannya.

Siinforman. Sejarah Corel Draw dan Perkembangannya.

Seperti yang anda ketahui pada kesempatan kali ini admin siinforman akan berbagi ilmu tentang sejarah corel draw dan perkembangannya kepada anda sekalian, langsung saja ini bebepara penjelasan saya tentang Sejarah corel draw dan perkembangannya.

Corel Draw merupakan sebuah aplikasi atau sebuah perogram komputer yang dapat melakukan editing pada garis vector. Corel Draw dikembangkan dan di pasarkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Corel Corporation. Perusahaan ini sendiri berpusat di Ottawa, Canada.

Aplikasi Corel Draw sendiri sangat di minati oleh banya orang terutama oleh para designer untuk membuat seni desain, seperti logo perusahaan, icon, banner, poster dan masih banyak yang lainnya.

Pendiri Corel Draw dan Pengembangannya. 

Corel Corporation awalnya didirikan oleh Dr. Michael Cowpland Pada tahun 1985,
Pada tahun 1987,Corel merekrut beberapa orang Programer atau pengembang software utuk membangun sebuah software grafis berbasis vector untuk di jadikan satu dengan paket desktop-publishing corel. program tersebut yang akhirnya di beri nama Corel Draw.


Corel Draw pertama kali di luncurkan pada tahun 1989, Corel Draw di terima luas oleh masyarakat dan akhirnya corel hanya fokus pada pengembangan software.
Produk dari Corel Corporation ini sendiri telah di gunakan oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.


Penjelasan tentang Corel Draw Menurut Versi. 


Corel Draw Versi 1.0
Corel Draw Versi 1.0 ini berjalan di bawah windows 3.0 dan 3.1
Corel Draw ditransformasikan kedalam ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. Instalasi software ini hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch.
Software ini sudah memadai untuk membuat kartu undangan,kartu nama, logo, dan kop surat. Di versi ini sering mengalami perombakan ulang sampai menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 januari 1989 sampai 2 februari 1990.

Corel Draw Versi 2.0

Di Versi 2.0 banyak fitur baru antara lain
Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y).


Corel Draw Versi 3.0 

 Di versi ini corel melakukaan perbaikan dari efisiensi memory sehingga kinerja corelDRAW lebih cepat. Kini desaign dapat dilihat/dipreview secara real-time tanpa harus tampilan wireframe lagi. Corel photopaint juga diluncurkan pada versi ini.


Corel Draw Versi 4.0

Di versi ini corel sudah bisa multi-page. Kemampuannya ditingkatkan sebagai software desktop publishing seperti Page Maker. Hanya saja di versi ini harus dibayar dengan penggunaan resource computer yang lebih tinggi.

Corel Draw Versi 5.0

Versi ini cukup populer dan cukup lama digunakan oleh para desaigner karena dilengkapi ddengan colour management kalibrasi layar, printer, scanner, effext powerclip, artistic media, lens dan bitmap effect. Hanya saja versi ini hanya bisa menyimpan file dengan jumlah nama maksimal 8 karakter.


Corel Draw Versi 6.0

Karena adanya Windows 95, CorelDRAW versi 32-bit ini pun disesuaikan agar bisa berjalan baik disistem operasi baru tersebut. Diversi ini tidak banyak fitur baru yang ditambahkan.


Corel Draw 7.0

  Versi ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Banyak fitur baru yang ditambahkan, antara lain : Keunggulan dari setiap versi : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini. Versi ini lebih cepat dari yang sebelumnya dan tidak perlu upgrade hardware untuk menggunakan aplikasi ini.

Corel Draw Versi 8.0

Versi ini hadir dengan fitur Drop Dhadow, Distortion tools, dll. Tapi diperlukan spek hardware yang besar khususnya memory untuk bisa menggunakannya dengan lancar dan stabil.

Corel Draw Versi 9.0

Corel Draw Versi ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window).

Corel Draw Versi 10.


Versi ini memiliki fitur tambahan : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.

Corel Draw Versi 11



Fitur barunya adalah : Kumpulan simbol-simbol yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar.


Corel Draw Versi 12

Versi ini lebih stabil dari versi yang sebelumnya dan ditambah fitur yang biasa ada di AutoCAD seperti dynamic Guideline dan Snap to Object sehingga menggambar akan lebih presisi dan sempurna. Namun proses print diversi ini sangat lambat.

Corel Draw Versi X3


Fitur baru dari versi ini adalah : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.


Corel Draw Versi X4


Fitur  baru dalam versi ini adalah antara lain : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW. versi ini dibuat untuk mengatasi kompatibilitas dengan Windows Vista.


Corel Draw Versi X5






Versi ini kompatible dengan processor multicore dan SO Windows 7. 

Fitur tambahannya adalah : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. 
Corel telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.

Corel Draw X6




dirilis pada tanggal 20 maret 2012. Versi ini telah tersedia 2 versi, yaitu 32-bit dan 64-nit. Untuk versi 64-bit tentunya akan lebih menyenangkan apabila dikomputer kita terpasang memory lebih 4 gb dengab gpu yang mumpuni untuk urusan desain grafis. 

Corel Draw Versi X7



Hadir dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg dapat disesuaikan secara penuh. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan. kemudahan utk memilih font dengan tampilan yg lebih nyaman. terdapat special effect pada photo editing, layout dan drwing tool yg lebih presisi, dukungan terhadap resolusi tinggi dan multi display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.

Sekianlah Informasi yang saya bagikan mengenai "Sejarah Corel Draw dan Perkembangannya" 

kritik dan saran silahkan di cantumkan di bawah.

sumber:
https://yudhaargasainstek.wordpress.com/2014/09/09/perkembangan-corel-draw-by-yudhaargasainstek/ 
http://erwinsyah12smanda.blogspot.co.id/2012/09/sejarah-perkembangan-coreldraw.html 
https://rianzii.wordpress.com/2011/04/07/sejarah-perusahaan-corel/ 
https://yudhaargasainstek.wordpress.com/2014/09/09/perkembangan-corel-draw-by-yudhaargasainstek/ 


3 Komentar untuk "Sejarah Corel Draw dan Perkembangannya "

greget pasti kalo pake yang versi 1

hahaha keren banyak teryata versinya saya kira cuma X1-X7 saja, makasih infonya sob

Back To Top