PENGERTIAN MULTIMEDIA



PENGERTIAN MULTIMEDIA
  
  Secara bahasa MULTIMEDIA Terdiri dari dua kata yaitu MULTI dan MEDIA. yang MULTI memiliki arti banyak sedangkan MEDIA memiliki arti alat atau sesuatu yang di gunakan untuk menyampaian informasi.
Jadi, menurut bahasa MULTIMEDIA dapat di artikan sebagai alat-alat yang di gunakan untuk menyampaikan informasi.
Bukan hanya itu MULTIMEDIA juga memiliki arti suatu sarana yang di dalamnya terdapat suatu kombinasi elemen komunikasi seperti teks, grapich, animasi, video dan lainnya.


Berikut Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli.
  • Najjar (1996) : Multimedia adalah Penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video dan animasi.
  • Hofstetter (2001) : multimedia adalah penggunaan komputer  untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks,  grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi,  berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer.
    Selain kombinasi dari objek-objek multimedia tersebut, terdapat juga 4 komponen yang penting lainnya, yaitu: 
    1. Adanya komputer untuk mengatur apa yang akan dilihat dan didengar, dan apa yang akan berinteraksi dengan penggunanya.
    2.  Adanya  link-link  yang menghubungkan informasi-informasi yang tersedia.
    3. Adanya  tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi yang tersedia.
    4. Adanya prosedur bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan menyampaikan informasi dan ide-idenya.
  • Mc Cormick (1996) : Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara, gambar dan teks. 
  • Rosch (1996) : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
  • Steinmetz (1995) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video. 
  • Robin dan Linda (2001) : multimedia adalah alat yang dinamis dan interaktif yang menggabungkan antara teks,grafis,animasi,audio,dan video
  • Turban dan kawan-kawan (2002) : multimedia adalah penggabungan sedikitnya dua media input atau output.Media ini berupa audio,animasi,video,teks,grafik,dan gambar. 
  • Zeembry (2008) : multimedia merupakan media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data
  • Vaughan (2004) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital. 
  • Wahono (2007) : Multimedia adalah perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi dan video untuk menyampaikan pesan ke publik. 

Kesimpulan saya : "Multimedia Adalah gabungan atau kombinasi dari teks, grafik, video, audio, dan animasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi melalui media." 


Sekianlah Yang saya posting artikel tentang Pengertian Mutimedia kali ini semoga bermanfaat dan berguna. jika banyak kesalahan mohon kritik dan sarannya komentar saja di bawah.

sumber:http: 
//tia-sopyan.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli.html
http://hartina129b.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
http://pengertian-isp.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-multimedia-menutur-para-ahli.html
3 Komentar untuk "PENGERTIAN MULTIMEDIA"

Jadi kesimpulannya multi media itu alat yang digunakan untuk berbagi informasi melalui sebuah karya yg berupa gambar atau teks atau video ya

Sepertinya multi media bukan dunia saya namun saya belajar untuk bisa memahami apa itu arti dari multi media dan manfaatnya untuk banyak orang. Terima kasih sobat artikelnya.

sering dengar kata multimedia ini,yang jelas selalu berkaitan dengan animasi ya mas

Back To Top